Jumat, 09 Maret 2012

OSN Files : Bukan Cuma Kemampuan

OSN. Olimpiade Sains Nasional. Kalau kalian pikir disitu cuma ajangnya anak2 geek doang... IT"S A BIG NO NO!!!!


Masuk ke dalam OSN ini, berarti dari awal kalian tuh sudah berkomitmen untuk mencurahkan segalanya di OSN. Tenaga, waktu, bahkan biaya. Dengan masuk kesini berarti kalian sudah ikhlas lahir batin ditempa habis-habisan. Ibaratnya kayak batuan sedimen yang mendapat suhu dan tekanan yang besar sehingga menjadi batuan metamorf. Kok jadi kebumian sih?! ;-D


Iya. Disini bukan cuma kemampuan doang yang diuji. Tapi ada aspek-aspek lain juga. Kayak keaktifan kita, proses belajar kita selama di kelas, dll. Itu semua penting, guys. Tapi tetep harus balance.


But... yang terpenting sebelum kalian terjun ke OSN adalah KOMITMEN. Gue ngeliat banyak anak yang gampang nyerah pas proses awal mereka masuk OSN. Tau kok. Ngerti. Pasti materinya susah, ya? Kaget ya jam belajarnya panjang banget? Soalnya bikin gila ya? Capek ya? Nggak bisa main? Itu semua bakal dialamin sama kalian yang masuk ke OSN.


Emang gitu prosesnya. Kalian bakal dapet suhu dan tekanan yang besar... kayak batu sedimen yang mau jadi batu metamorf.... Kalian bakal dapetin itu semua. Materi-materi yang diatas tingkatan kita semua, jam belajar yang bikin capek, waktu main kurang, sampe-sampe pelajaran sekolah ketinggalan. Itu semua risiko yang harus diterima kalo masuk OSN. :-D


Gue tekankan ya... Banyak anak yang udah nyerah duluan pas pembinaan awal-awal. Contohnya pembinaan sebelum OSN tingkat wilayah. Itu biasanya pembinaan yang diadain sekolah. Gue yakin pasti kaget kan ngeliat OSN segitunya??? Kalo ada anak OSN yang bilang OSN itu haha hihi, seru, gila, pada cinlok, asik banget, itu nggak salah guys. Tapi mereka pasti udah ngelewatin masa-masa ketika mereka harus ditempa. Jadi bersusah-susah dulu, bersenang-senang kemudian.


Disitulah dibutuhkan KOMITMEN yang TINGGI. Kalo kalian baru segitu aja udah nyerah, gimana pas di provinsi atau nasional??? Pembinaan di sekolah yang merupakan pembinaan paling awal bisa dibilang belum seberapa. Kenapa begitu???


1. Jam belajar belum terlalu panjang

Kalo kalian bilang dari jam 9 pagi sampe 4 sore itu panjang.... Gimana pas karantina yang jam belajarnya dari jam 8 pagi sampe jam 10 bahkan 11 malem??? Jadi kalian nggak boleh ngeluh sama jam belajar OSN yang panjang kayak gini.


2. Belum tercium aroma persaingan

Betul nggak? Betul dong. Masih satu sekolah ini. Masih temenan. Masih bisa bercanda tawa riang gembira semarakkan hari. Tapi nanti pas masuk ke OSN tingkat provinsi.... Mmh... aroma persaingannya.... Antara skill dan gengsi sekolah, guys. Percaya deh. Jadi nikmatilah pembinaan di sekolah ini.


3. Belum banyak yang harus ditinggalkan

Yaaah... begitulah kalo OSN. Baru pembinaan sekolah aja udah ninggalin les dan lain-lain. Tapi sekali lagi itu belum seberapa. Kalo kalian pikir pembinaan di sekolah itu bikin kita nggak bisa les, nggak bisa main futsal, nggak bisa ke mall... Aduh!!! Kalo OSN tingkat provinsi gimana??? Kalian paling sering masuk sekolah dalam seminggu cuma 2 hari. Sisanya pembinaan dan seleksi terus. Apalagi nasional??? Bisa vakum 2 minggu bahkan sebulan. Sedikit curhat. Waktu gue masuk nasional pun gue vakum 1 bulan kok. Itu pelajaran sekolah mana aja yang nggak ketinggalan??? Temen gue yang pernah seleksi buat olimpiade internasional nggak sekolah berbulan-bulan cuma buat karantina. Jadi jangan ngeluh. Dan jangan tinggalkan OSN cuma buat hal-hal yang bisa ditolerir seperti itu. Karena dengan ikut OSN berarti kita sudah siap dengan apapun yang terjadi. Oke?!


Intinya sih guys and girls.... OSN itu bukan cuma kemampuan... Tapi KEMAUAN dan KOMITMEN!!!! SEMANGAT!!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar